Kamis, 10 Mei 2012

Mengkritisi Blog yang ada di Gunadarma

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/05/bank-syariah-dan-bank-konvensional/

Dari artikel diatas menurut saya cukup bagus untuk menambah pengetahuan pembaca tentang bank syariah dan bank konvensional. Diantaranya nilai-nilai islami yang diterapkan oleh bank syariah dari tata cara berpakaian,etika dan tingkah laku karyawannya yang dalam hal ini kurang diperhatikan oleh bank konvensional atau bank umum. Di Indonesia terdapatcontoh bank syariah seperti: Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri dan Bank Mega Syariah.

Dilhat dari segi sistemnya bank syariah menerapkan sistem bagi hasil dari keuntungan jasa atas transaksi riil dan tidak ada unsur riba hal ini berbeda dengan bank konvensional yang memungut maupun meminjam dengan bunga atau yang disebut dengan riba serta larangan investasi untuk usaha-usaha yang dikategorikan haram. Dalam sistem Bank Syariah, tidak mengenal negative spread (selisih negatif). Sedangkan pada Bank Konvensional, resiko yang dialami bank tidak ada kaitannya dengan resiko debitur dan sebaliknya. Antara pendapatan bunga dengan beban bunga dimungkinkan terjadi negative spread (selisih negatif) dalam sistem Bank Konvensional.

Dari perbedaan antara kedua bank tersebut terdapat juga beberapa persamaan yakni:  ada persamaan dalam hal sisi teknis penerimaan uang, persamaan dalam hal mekanisme transfer, teknologi komputer yang digunakan maupun dalam hal syarat-syarat umum untuk mendapat pembiayaan seperti KTP, NPWP, proposal, laporan keuangan dan sebagainya. Dalam hal persamaan ini semua kegiatan yang dijalankan pada Bank Syariah itu sama persis dengan yang dijalankan pada Bank Konvensional, dan hampir tidak ada bedanya.

Mungkin itu saja yang saya dapat simpulkan dari artikel bank syariah dan bank konvensional dimana banyak perbedaan dan persamaan dari segi sistem, lingkungan kerja, struktur organisasi dan sisi teknis penerimaan uang. Dan sekali lagi saya katakan bahwa artikel diatas cukup bagus dan sangat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar